Kamis, 6 Oktober 2022

Jaksa Minta Polisi Lengkapi Berkas Perkara SAD

Selasa, 25 Januari 2022 | 21:27:24 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi /

 SAROLANGUN - Kejaksaan Negeri (Kejari) Sarolangun meminta penyidik kepolisian melengkapi lagi berkas perkara dugaan penembakan yang dilakukan oleh tiga orang warga Suku Anak Dalam (SAD).

Peristiwa yang terjadi pada 2021 lalu itu mengakibatkan tiga orang satpam PT PKM di Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun mengalami luka-luka akibat tembakan.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Sarolangun, Rikson menjelaskan, untuk perkembangan kasus penembakan itu, penyidik telah mengembalikan berkas perkara yang telah diberi petunjuk.

"Setelah kita teliti masih ada beberapa petunjuk yang belum dipenuhi oleh penyidik, terkait untuk pemenuhan unsur tindak pidana," kata Rikson, Selasa (25/1).

Menurut Rikson, dari berkas yang diberikan penyidik polisi, masih terdapat beberapa hal yang belum memenuhi unsur dalam penjeratan tindak pidana dan dilakukan usulan untuk pemenuhan tersebut.

"Karenakan penyidik itu membuat ada dua unsur tindak pidana yang disangkakan pada tiga orang itu," ujarnya.

Rikson mengatakan untuk fokus, pihaknya hanya mengungkit permasalahan penembakan. Sedangkan masalah sebelumnya yang mungkin berkaitan dengan penyebab terjadinya kurang mengarah kesitu.

"Karena kita lebih ke penembakannya dulu," ujar Rikson.

Selain itu, pasca perdamaian yang dilakukan oleh pemerintah daerah. Rikson memastikan itu tetap akan menjadi pertimbangan JPU dalam tuntutan di persidangan nanti kalau perkara sudah dinyatakan lengkap.

"Maupun majelis hakim menjatuhi hukuman kepada tersangka," katanya.


Penulis: Mario Dwi Kurnia
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments