Minggu, 4 Desember 2022

Tekan Inflasi, Pemprov Jambi Adakan Pasar Murah

Minggu, 11 September 2022 | 16:11:46 WIB


/ Istimewa

JAMBI - Pemerintah Provinsi Jambi bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Jambi mengadakan Operasi Pasar (OP) cabai. Operasi pasar yang digelar pada Minggu (11/9) ini bertujuan menekan inflasi.

Operasi pasar ditinjau langsung oleh Gubernur Jambi Al Haris. Saat meninjau di Pasar Angso Duo, Al Haris meminta masyarakat melaporkan bila ada harga kebutuhan pokok yang tak terjangkau.

“Agar bisa dilakukan bantuan operasi murah. Kami akan bantu masyarakat untuk mendapatkan harga layak dan mampu dibeli,” terang Al Haris.

Kabid Pengembangan Perdagangan Dinas Perindag Harmadeli mengatakan bahwa Pemprov mendatangkan sebanyak 8 ton cabai merah keriting. Sebanyak 1 ton didistribusikan ke Bungo dan 7 ton ke Pasar Angso Duo dan Pasar Talang Banjar di Kota Jambi.

“Salah satu kegiatan menanggulangi inflasi di Jambi, kami bersama Bulog menggelar Operasi Pasar,” katanya. Cabe didatangkan dari Muntilan, Jawa Timur.

Menurutnya, dengan operasi pasar cabai merah keriting ini, harga cabai turun menjadi Rp 55 ribu. Kita subsidi sekitar Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu,” jelasnya.

“Ini uji coba pertama. Kita lihat situasi. Berikutnya bisa jadi bawang atau cabe rawit hijau. Dan insyaallah kita terus berlanjut karena program kita rencanakan hingga Desember 2022,”  katanya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi Asraf mengatakan, di Pasar Angso Duo operasi pasar digelar di kios TPID. Katanya, pasar murah ini akan digelar hingga Kamis pekan ini di lokasi yang berbeda-beda. 

“Seperti nantinya di Kota Jambi akan kita adakan juga di Pasar Aurduri dan tempat lainnya," kata Asraf.

Selain cabe, komoditas lain di pasar murah ini adalah minyak goreng yang dijual dengan harga Rp 14 ribu per liter.

“Kemudian, bawang merah Rp 28 ribu per kg, bawang putih Rp 20 ribu per kg, telur ayam Rp 17 ribu per 10 butir, gula Rp 13 ribu per kg dan beras Rp 47.500 per 5 kg," sebut Asraf.


Penulis: (*)
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments