Minggu, 27 November 2022

DLH Tebo Kekurangan Armada Pengangkut Sampah

Rabu, 26 Januari 2022 | 09:50:26 WIB


/ Metrojambi.com

 MUARATEBO - Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLH-P) Kabupaten Tebo membutuhkan armada angkutan sampah. Pasalnya, volume sampah mengalami peningkatan, sedangkan tiga mobil angkutan yang ada saat ini dalam keadaan rusak.

Kepala DLH-P Tebo Eko Putra menyebutkan, saat ini pihaknya terpaksa menggunakan armada secara bergilir untuk mengangkut sampah.

"Ada tiga armada yang rusak. Untuk mengangkut sampah di daerah kecamatan terpaksa harus bergilir," kata Eko, Rabu (26/1/2022).

Kebutuhan armada pengangkut sampah di Kabupaten Tebo minimal khusus Kecamatan Tebo Tengah empat unit, sedangkan di Kecamatan Rimbo Bujang dibutuhkan tiga unit.

"Saat ini kita hanya punya tujuh armada angkutan, sisa empat karena yang tiga rusak. Sementara jumlah sampah setiap hari meningkat. Selain itu kita juga membutuhkan tambahan petugas kebersihan," bebernya.

Tidak hanya jumlah armada truk yang kurang, kendaraan becak motor (Bentor) yang mengumpulkan sampah warga ke TPS juga kewalahan.

Kini Kabupaten Tebo hanya memiliki 13 bentor yang ditempatkan di empat kecamatan, dari jumlah tersebut paling tidak harus ditambah 10 unit lagi.

Dijelaskan Eko, untuk Bentor ditempatkan di Kecamatan Tebo Tengah tujuh unit, kemudian Tebo Ilir satu unit dan Tebo Ulu satu unit, sisanya empat unit di Kecamatan Rimbo Bujang. Jika nantinya ada penambahan armada, penempatannya akan diratakan.

"Kita butuh tambahan armada dan bentor. Sebab, dengan jumlah TPS yang sedikit, kita harus menjemput sampah warga,” katanya.


Penulis: Suci Ramadhan
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments