Selasa, 31 Januari 2023

Dinkes Provinsi Jambi Gelar Peringatan HKN 2022

Senin, 14 November 2022 | 15:55:41 WIB


Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jambi pada Senin (14/11) pagi menggelar upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun 2022 dengan tema \'Bangkit Negeriku, Sehat Indonesiaku\'.
Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jambi pada Senin (14/11) pagi menggelar upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun 2022 dengan tema \'Bangkit Negeriku, Sehat Indonesiaku\'. / Istimewa

JAMBI - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jambi pada Senin (14/11) pagi menggelar upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun 2022 dengan tema 'Bangkit Negeriku, Sehat Indonesiaku'.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Gubernur Jambi Al Haris, menyampaikan Kemenkes saat ini sedang melakukan transformasi sistem kesehatan yang berfokus pada 6 pilar, untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri, produktif, dan berkeadilan, sekaligus sebagai bentuk kesiapan pemerintah dalam menghadapi masalah kesehatan di masa yang akan datang.

"Adapun fokus enam pilar transformasi kesehatan adalah transformasi layanan primer, transfomasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan, dan transformasi teknologi kesehatan," katanya.

Selain itu, Menkes juga menyampaikan  penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap insan kesehatan yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah dalam melaksanakan pembangunan kesehatan.

Dia berharap semua insan kesehatan agar terus mendorong terbangunnya gerakan masyarakat hidup bersih dan  sehat, diantaranya melalui konsumsi makanan bergizi, seimbang dan melakukan aktivitas fisik setiap hari, dan mencuci tangan dengan sabun.

Terus mendorong masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya secara rutin, baik pemeriksaan ibu hamil, pemantauan tumbuh kembang balita, imunisasi, pemeriksaan penyakit-penyakit sesuai siklus hidup dan mengembangkan diri dan organisasi dalam kompetensi dan memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat.

"Hari ini sudah kita laksanakan upacara bersama peringatan Hari Kesehatan tahun 2022, tentu banyak sekali hal-hal yang perlu kita lakukan di bidang kesehatan apalagi  pandemi kita harus tetap waspada sebab fluktuasi kasus penyebaran Covid-19 masih terus berlanjut prokes jangan diabaikan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi dr. Ferry Kusnadi mengatakan pihaknya siap menjelaskan enam pilar transformasi kesehatan di Provinsi Jambi yakni transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan, dan transformasi teknologi kesehatan.

"Saya ucapkan selamat Hari Kesehatan Nasional tahun 2022 dan kami juga himbau masyarakat untuk waspada dengan varian baru dengan tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19," kata Ferry.

Selain gelar upacara HKN, Dinkes Provinsi Jambi juga melakukan penyerahan hadiah kepada tenaga kesehatan berprestasi se-Provinsi Jambi maupun rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya.


Penulis: Tri Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments