Minggu, 29 Januari 2023

Dinas Pendidikan Jambi Tetapkan Kuota PPDB SLTA Sebanyak 53 Ribu Siswa

Senin, 13 Juni 2022 | 18:14:49 WIB


Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Varial Adhi Putra memberikan keterangan pers. Dinas Pendidikan Provinsi Jambi tetapkan kuota PPDB tahun 2022 untuk jenjang SMA sederajat sebanyak 53 ribu siswa
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Varial Adhi Putra memberikan keterangan pers. Dinas Pendidikan Provinsi Jambi tetapkan kuota PPDB tahun 2022 untuk jenjang SMA sederajat sebanyak 53 ribu siswa / Antara/Muhamad Hanapi

 JAMBI - Dinas Pendidikan Provinsi Jambi menetapkan kuota Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk siswa sekolah lanjutan tingkat atas di bawah naungan dinas pendidikan pada tahun 2022 sebanyak 53 ribu siswa.

"Total ada 53 ribu siswa yang akan ditampung oleh sekolah di bawah naungan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Varial Adhi Putra, Senin (13/6).

Varial Adhi menjelaskan kuota penerimaan siswa SLTA tersebut masih bersifat dinamis atau bisa saja berubah. Dimana kuota PPDB tersebut berdasarkan jumlah ruang kelas di sekolah yang tersebar di sebelas kabupaten dan kota di daerah itu.

Kuota PPDB tersebut bisa saja bertambah ataupun berkurang disesuaikan dengan kuota penerimaan di masing-masing sekolah.

"Kita masih menghitung kembali berapa kuota PPDB tahun ini untuk jenjang SLTA, bisa saja ada sekolah yang menambah kelas atau malah kelasnya berkurang," kata Varial Adhi.

Kuota PPDB sebanyak 53 ribu siswa tersebut terbagi atas siswa SMA sebanyak 26 ribu dan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebanyak 27 ribu.

Pendaftaran PPDB tahun 2022 di Jambi akan di buka dari tanggal 23-28 Juni 2022. Selanjutnya tahap verifikasi dilaksanakan dari tanggal 23-29 Juni 2022. Verifikasi faktual dilaksanakan dari tanggal 30 Juni sampai dengan 1 Juli 2022.

Untuk pengumuman hasil PPDB pada tanggal 2 Juli, dan siswa-siswi masuk sekolah pada tanggal 14 Juli 2022.

Dinas Pendidikan Provinsi Jambi mengimbau satuan pendidikan atau sekolah SMA sederajat dapat melaksanakan tahapan PPDB sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Dimana sekolah diminta untuk melakukan penerimaan peserta didik baru sesuai dengan jumlah lulusan siswa di masing-masing sekolah.

Dengan demikian diharapkan tidak terjadi penumpukan pendaftaran siswa di sekolah-sekolah favorit.

"Jika sekolah A meluluskan 300 siswa, maka kuota PPDB jangan lebih dari jumlah tersebut," kata Varial Adhi Putra.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara

TAGS:


comments