Minggu, 29 Januari 2023

Warga Diminta Tak Percaya Informasi Hoaks Adanya Kenaikan Status Gunung Kerinci

Kamis, 08 Desember 2022 | 10:40:22 WIB


Gunung Kerinci menyemburkan abu vulkanik yang cukup tebal berwarna kehitaman
Gunung Kerinci menyemburkan abu vulkanik yang cukup tebal berwarna kehitaman / dokumentasi - Metrojambi.com

KERINCI - Meskipun aktivitas Gunung Kerinci mengalami peningkatan, namun statusnya masih tetap level II waspada.

Sub Koordinator Pos Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api Kerinci Ahmad Basuki mengatakan untuk pantauan visual Gunung Kerinci pada Rabu (6/12/2022) tertutup kabut.

"Tidak ada peningkatan status atau level, masih level II Waspada," katanya singkat.

Sementara itu, Bupati Kerinci Adirozal kepada Metrojambi.com mengatakan dengan adanya Gunung Kerinci erupsi atau mengeluarkan asap tebal itu lebih baik, karena dengan adanya aktivitas tersebut berarti kawah gunung Kerinci tidak tertutup.

"Jika kawah gunung Kerinci sudah tertutup, sekali erupsi itu yang sangat berbahaya," katanya.

Bupati Kerinci ini menyebutkan status gunung Kerinci saat ini masih level II Waspada tidak ada peningkatan. "Kita imbau kepada masyarakat untuk tidak terjebak atau terlalu percaya dengan informasi hoaks terkait dengan adanya peningkatan status level Gunung Kerinci ini," ungkapnya.

Bupati Kerinci Dua Periode ini juga minta masyarakat untuk mengkroscek terlebih dahulu informasi yang ada di Media Sosial. "Silakan dengarkan informasi resmi dari PVMBG dan imbauan Pemerintah Daerah dan petugas pemantau Gunung Kerinci di Kayuaro," katanya.

"Mari kita bersama-sama berdoa, semoga hal yang tidak kita inginkan, tidak terjadi," tutupnya.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kerinci, Darifus mengatakan untuk perkembangan Gunung Kerinci sesuai laporan hasil koordinasi dengan petugas pos pengamat Gunung Kerinci walaupun masih Level II (Waspada), untuk hari ini Rabu (7/12) Gunung Kerinci tidak terlihat karena tertutup awan tebal dari pagi sampai dengan sore.

Dia mengimbau masyarakat sekitar untuk tetap waspada namun dipersilahkan melaksanakan aktivitas seperti biasa. "Warga bisa tetap beraktivitas seperti biasa, namun tetap waspada dan selalu dengarkan imbau petugas dan pemerintah daerah," katanya.

Ia mengatakan, BPBD Kerinci selalu memantau dengan berkoordinasi aktif dengan petugas Pos Pengamat Gunung Kerinci, Camat dan Kepala Desa setempat.

"Sesuai dengan arahan PVMBG dan surat edaran BB TNKS, tidak diperbolehkan ada pendakian," tutupnya


Penulis: Dedi Aguspriadi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments