Sabtu, 1 April 2023

Festival Kerinci Kembali Masuk Kharisma Even Nusantara Tahun 2023

Minggu, 29 Januari 2023 | 11:33:16 WIB


Salah satu pementasan tari para kegiatan Festival Kerinci 2022
Salah satu pementasan tari para kegiatan Festival Kerinci 2022 / dokumentasi-Metrojambi.com

KERINCI - Festival Kerinci kembali masuk penganugerahan Kharisma Event Nusantara (KEN) Calender of Event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tahun 2023.

Masuknya Festival Kerinci dalam Kharisma Event Nusantara Calender of Event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif merupakan kali ketiga di dapat, setelah sebelumnya pada tahun 2020 masuk Calendar of Events (CoE) Wonderful Indonesia.

Festival Kerinci yang diselenggarakan tiap tahun di dermaga Danau Kerinci ini telah masuk kedalam KEN sejak 2022 dan bisa disebut sebagai event Pesona Wisata dan Budaya terbesar di Provinsi Jambi. FK dihelat dalam rangka melestarikan nilai–nilai budaya dan mempromosikan pesona wisata dan budaya Kabupaten Kerinci.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri Juanda Sasmita membenarkan bahwa Festival Kerinci masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) Calender of Event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2023.

Mantan Kadis Sosial Kerinci ini mengatakan Dari 514 Kabupaten dan Kota di Indonesia tercatat hanya 72 Kabupaten dan Kota yang Eventnya masuk ke dalam KEN 2023. "Kerinci salah satu Kabupaten yang eventnya masuk dalam KEN Tahun 2023" katanya.

Ia menyebutkan Kabupaten Kerinci patut berbangga, FK secara konsisten sejak tahun 2022 telah diakui sebagai Event Nasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Prestasi ini tentu bisa diraih berkat komitmen full dan dukungan Kepala Daerah, seluruh OPD dan stakeholders terkait serta Masyarakat Kabupaten Kerinci. Semoga pelaksanaan FK ke 21 yang direncanakan tanggal 4 sd 7 November 2023 bisa terselenggara lebih baik lagi,” sebutnya.

Masuknya Festival Kerinci ke Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 diketahui pada Lauching KEN 2023 oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno Sabtu 28 Januari 2023 di Plaza Keong Mas Taman Mini Indonesia Indah Jakarta.

Pada launching KEN ini hadir ketua Komisi X DPR RI beserta para wakil ketua, ketua DPD RI beserta wakil ketua, eselon I Kementerian terkait, gubernur se Indonesia serta bupati dan wakikota yang evennya masuk dalam KEN.

Dari 514 kabupaten dan kota di Indonesia (data Wikipedia) tercatat hanya 72 kabupaten dan kota yang Eventnya masuk ke dalam KEN 2023.


Penulis: Dedi Aguspriadi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments